بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمِ

Kamis, 13 Oktober 2011

Karya ilmiah daun Pepaya


manfaat daun pepayaI.Pendahuluan

A.Latar Belakang

Di zaman yang modern ini mungkin sebagian orang didunia beranggapan bahwa tanaman tradisional atau yang akrab sering kita sebut Jamu sudah kalah bersaing dengan bahan-bahan kimia yang ada sekarang.padahal bahan-bahan alami sangat banyak manfaatnya dan tidak menimbulkan efek samping.

Tujuan saya membuat artikel yang berjudul “manfaat daun pepaya” ini yaitu untuk memberi sedikit informasi tentang manfaat dan kegunaan daun pepaya kepada kalangan masyarakat dunia.

Selain manfaat dan kegunaan daun pepaya,artikel ini berisikan tentang tata cara dan pengolahan daun pepaya secara mudah sehingga masyarakatpun bisa mempraktikannya dirumah terutama bagi masyarakat kalangan menengah kebawah.

B. Tujuan

Adapun tujuan penulisan ini adalah sebagai berikut:

1. Tujuan Umum

Memberikan sedikit informasi kepada masyarakat tenteng tata cara pengolahan dan manfaat dari daun pepaya.

2. Tujuan Khusus

Agar masyarakat lebih memahami dan mengetahui seberapa penting kesehatan bagi

kehidupan kita baik secara jasmani maupun rohani.

manfaat daun pepaya

Manfaat Daun Pepaya dan Khasiatnya.

Disekitar kita banyak tumbuhan yang berguna bagi kita contohnya adalah pohon pepaya. Pohon pepaya banyak kegunaan baik buah maupun daunnya. Selain untuk lalapan manfaat daun pepaya ternyata berguna untuk mempercantik kulit muka, khususnya untuk menghilangkan jerawat. Di balik rasanya yang pahit, ternyata manfaat daun pepaya bisa juga sebagai zat pelawan kanker. Oleh para ahli, kehebatan daun pepaya dalam melawan berbagai jenis penyakit di tubuh ini disebut sebagai ”sangat mengagumkan”.

Manfaat Daun Pepaya Dan Khasiatnya

Manfaat daun pepaya dan khasiatnya adalah untuk menangkal dan menyembuhkan beberapa penyakit. Selain dikonsumsi sebagai buah, pepaya dan daun pepaya juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional, khususnya oleh suku Aborigin di Australia, penduduk Vietnam, dan beberapa negara Asia lainnya.

· Pelembut daging. Para ibu rumah tangga mungkin sudah tidak asing lagi dengan khasiat dan manfaat daun pepaya untuk melunakkan daging. Kandungan getah (lateks) dalam daun yang akan meresap ke dalam daging dan melunakkannya. Caranya, masukkan daun pepaya dalam rebusan daging, atau bungkus daging dalam daun pepaya ketika direbus.

· Obat jerawat. Tahukah Anda, daun pepaya juga dapat mengatasi jerawat yang membandel? Caranya, ambil 2-3 lembar daun pepaya tua. Jemur sebentar kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu, tambahkan satu setengah sendok air. Lalu oleskan ramuan tersebut pada bagian wajah yang terkena jerawat seperti memakai masker. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan itu rutin tiap hari maka manfaat daun pepaya akan terlihat.

· Menambah nafsu makan. Tak sulit membuat ramuan penambah nafsu makan ini, siapkan daun pepaya segar seukuran telapak tangan, sedikit garam, dan air hangat setengah cangkir. Semua bahan dicampur, ditumbuk atau diblender, kemudian disaring untuk diambil airnya kemudian diminum. Ramuan ini aman, bahkan untuk anak-anak sekalipun.

· Antikanker. Dari beberapa penelitian dijelaskan, batang dan daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex), yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker, sebagaimana dikutip dari Journal Society of Biology. Getah ini otomatis didapatkan saat kita mengkonsumsi daun pepaya, dimasak dengan cara apa pun.

· Memperlancar pencernaan. Senyawa karpain yang dikandung daun pepaya ampuh menghambat kinerja beberapa mikroorganisme yang menggangu fungsi pencernaan, sehingga efektif untuk menekan penyebab tifus.

· Pengontrol tekanan darah. Caranya, ambil 5 lembar daun pepaya, rebus dengan setengah liter air. Rebus terus hingga tinggal tiga perempatnya. Dinginkan sebelum diminum. Jika perlu, tambahkan gula merah atau madu agar terasa lebih manis.

· manfaat daun pepayaBerkhasiat untuk obat demam berdarah. Manfaat daun pepaya ini bisa dibuuat dengan cara, campur 5 lembar daun pepaya, temulawak, meniran secukupnya, dan gula merah. Rebus hingga masak, kemudian dinginkan sebelum diminum.

· Berkhasiat untuk obat nyeri haid. Manfaat daun pepaya juga bisa untuk mengurangi rasa nyeri pada saat haid. Ambil 1 lembar daun pepaya, asam jawa dan garam secukupnya. Rebus dengan segelas air hingga masak. Dinginkan sebelum diminum

Dalam riset yang dilakukan tentang manfaat daun pepaya dan pepaya diketahui, ekstrak daun pepaya akan menghasilkan molekul yang disebut Th1 tipe sitokin yang membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini akan mendukung terapi yang memanfaatkan sistem imun untuk melawan kanker.

Karena harga buah maupun daun pepaya sangat murah. Banyak kalangan rumah tangga yang mengabaikan pohon ini karena dianggap kurang bermanfaat. Padahal, manfaat daun pepaya ini mempunyai segudang kegunaan dan khasiat yang sangat penting. Para penjual jamu gendong sering membuat ramuan dari daun Pepaya yang diberi nama jamu brotowali, pahit memang rasanya, tetapi manfaat daun pepaya tak sepahit rasanya.



By: RN.Doc

1 komentar: